WELCOME TO MY BLOG

Selasa, 20 November 2012

Globalisasi

-->
GLOBALISASI
Kemajuan teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi, membuat dunia yang begitu luas menjadi terasa tidak luas lagi. Kejadian yang terjadi di belahan dunia lain dengan cepat bisa diketahui saat itu juga melalui kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Keadaan ini membuat dunia seolah-olah hanya seluas desa atau dusun yang ada di daerahmu. Oleh sebab itu, dengan adanya kemajuan teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi membuat dunia seperti dusun global (global village).
Selain itu, perkembangan teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi membuat jarak seolah-olah terasa semakin dekat. Perpindahan penduduk (migrasi) dari suatu negara ke negara lain menjadi mudah dan lancar. Komunikasi lintas negara juga semakin mudah dan lancar.
Berkembangnya teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi juga membuat perdagangan antarnegara semakin bebas. Kondisi ini membuat persaingan semakin ketat. Barang-barang (produk) buatan luar negeri mudah memasuki negara Indonesia. Sehingga produk buatan dalam negeri harus bersaing ketat dengan produk luar negeri. Padahal produk¬produk luar negeri lebih variatif. Mulai dari produk kebutuhan pokok hingga hiburan.
Untuk lebih jelas perhatikan uraian berikut. Ketika mendengar radio atau menonton televisi, Kamu tentu sering mendengar musik atau menonton film yang berbahasa asing (biasanya Bahasa Inggris). Hal ini menunjukkan bahwa budaya asing (musik dan film luar negeri) telah memasuki negara Indonesia. Dengan demikian, budaya Indonesia (musik, tari, drama tradisional) mau tidak mau harus bersaing dengan seni-seni dari luar negeri tersebut. Keadaan seperti ini tentunya bisa menimbulkan dampak bagi keberadaan budaya daerah (budaya nasional), walaupun dampaknya bisa positif maupun negatif.
Kamu tentu sering mendengar istilah globalisasi. Begitu seringnya kamu mendengar istilah tersebut, sehingga kata globalisasi tidak asing lagi di telingamu. Namun apakah kamu tahu pengertian globalisasi? Berikut beberapa pengertian globalisasi.
Pengertian Globalisasi munurut pakar
a) Menurut A.G. McGrew (1992)
Globalisasi adalah proses di mana berbagai peristiwa, keputusan, dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.
b) Menurut Martin Albrow
Globalisasi adalah seluruh proses di mana penduduk dunia terinkorporasi (tergabung) ke dalam masyarakat dunia yang tunggal.
c) Menurul Bank Dunia
Globalisasi berarti kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang-orang dari negara-negara lain.
d) Menurut International Monetary Fund (IMF)
Globalisasi berarti meningkatnya saling ketergantungan ekonomi antara negara-negara di dunia yang ditandai oleh meningkat dan beragamnya volume transaksi barang dan jasa lintas negara dan penyebaran teknologi yang meluas dan cepat.,
Berdasarkan beberapa pengertian di atas, kita bisa mendapatkan beberapa kata kunci yang
menjadi unsur dari pengertian globalisasi.            -
a.  Adanya saling memengaruhi, keterkaitan, dan ketergantungan.
b.  Meliputi berbagai bidang, baik ekonomi, politik, sosial budaya maupun teknologi.
c. Melintasi batas negara.
Globalisasi membawa kita pada kenyataan bahwa antara belahan dunia yang satu dengan dunia yang lain terasa dekat. Apa yang terjadi pada belahan dunia yang paling jauhpun segera dapat kita ketahui dan rasakan, bahkan dapat berpengaruh pada masyarakat dan negara kita. Hal ini terjadi karena kemajuan bidang teknologi komunikasi dan transportasi.
Melalui pesawat telepon, masyarakat bisa secara mudah dan cepat berhubungan dengan masyarakat negara lain. Melalui pesawat terbang yang cepat dan nyaman, masyarakat dapat bepergian ke luar negeri kapan saja. Melalui internet, masyarakat dapat mengetahui berbagai informasi di dunia. Bahkan melakukan transaksi keuangan, seperti bayar telepon, listrik, transfer uang, dan belanja.
Kesimpulannya, globalisasi adalah suatu proses di mana antarindividu, antarkelompok, dan antarnegara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan saling memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas- negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar